Seks Sehat Untuk Hidup Sehat

Seksualitas adalah bagian dari kehidupan manusia. Perasaan cinta dan keintiman secara seksual merupakan faktor yang sangat penting dalam menjaga keharmonisan hidup berumah tangga. Banyak penelitian membuktikan bahwa kebahagiaan dalam kehidupan seksual jauh lebih penting daripada kebahagiaan harta. Pada zaman yang semakin canggih dan tingkat aktivitas yang semakin tinggi, tak jarang pasangan suami-isteri menganggap seks hanyalah sebuah rutinitas biasa. Bahkan pada zaman ini tidak sedikit isteri yang menilai melayani suami hanya untuk menunaikan kewajiban semata.

Pada dasarnya banyak manfaat yang bisa dipetik dengan melakukan aktivitas seks yang benar. Tentu saja salah satunya adalah manfaat untuk meningkatkan kesehatan pasangan suami-isteri. Ada beberapa poin positif bagi kesehatan dengan melakukan seks yang benar, seperti:
  1. Menghilangkan Stress. Saat melakukan aktivitas hubungan seks, tubuh akan melepas hormon endorfin, hasilnya anda akan merasa rileks dan tubuh anda menjadi lebih segar.
  2. Meningkatkan Sirkulasi Darah. Selain bermanfaat untuk melancarkan aliran darah dalam tubuh, aktivitas berhubungan seksual juga dapat mencegah penyumbatan pembuluh darah disekitar daerah panggul. Ini disebabkan otot panggul difokuskan untuk lebih banyak bergerak dibanding dengan kegiatan sehari-hari yang dilakukan.
  3. Meningkatkan Keintiman. Seks merupakan cara ampuh untuk menjaga keintiman pasangan, karena dengan melakukan aktivitas seks akan timbul rasa saling memiliki dan ketergantungan. Dengan kata lain nyaris tak pernah ada kata perceraian bila punya intesitas seks yang rutin dan prima dengan pasangan.
  4. Membakar Kalori. Aktivitas seks yang wajar akan membuat seluruh otot dan persendian bekerja dengan cepat. Ini akan menyebabkan terbakarnya 420 kalori setiap kali aktivitas seks dilakukan.
  5. Memperbaiki Tonus Otot. Seks dapat menyegarkan bagian tubuh yang tidak dapat dijangkau oleh aktivitas lain. Misalnya, otot dasar panggul yang akan menjadi kendur jika tidak dilatih secara teratur, dengan demikian secara tidak langsung akan membuat bagian tersebut bekerja dengan baik.
  6. Memperpanjang Usia. Menurut pakar Tao, Su Chung, berbagai penyakit dapat dikaitkan dengan hubungan seksual yang bermasalah. Bila dilakukan dengan benar, niscaya hubungan seksual akan membuat Anda panjang umur.
Sebegitu pentingnya kehidupan seksual bagi setiap pasangan sehingga mereka rela melakukan apa saja untuk mendapatkan kebahagiaan dari hubungan tersebut. Meskipun akhir-akhir ini banyak penyakit yang mengganggu kesehatan seksual, tetapi dengan pengobatan yang baik beberapa diantaranya dapat disembuhkan dengan baik. Ada beberapa masalah yang dapat mempengaruhi kehidupan seksual dalam suatu hubungn, antara lain:
  1. Keluarga berencana.
  2. Impotensi.
  3. Penyakit menular seksual.
  4. Bentuk tubuh.
  5. Kepuasan seksual.
Ada tiga faktor penting yang saling berhubungan yaitu kesehatan tubuh, gaya hidup dan kepuasan seksual dan ada beberapa kondisi fisik juga yang mempengaruhi keharmonisan hubungan seksual. Pada orang gemuk akan mengalami beberapa kesulitan dalam melakukan hubungan seksual, yang lama kelamaan akan menyebabkan menurunnya keinginan untuk melakukan hubungan intim. Ada beberapa cara untuk meningkatkan libido atau hasrat seksual bagi orang-orang yang sedang bermasalah dengan keharmonisan dalam suatu hubungan, yaitu:
  1. Berolah ragalah secara teratur. Hal ini penting untuk menguatkan jantung dan membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Selingin dengan olah raga pertandingan guna menghilangkan stress. Olah raga juga dapat membentuk otot tubuh untuk menarik pasangan saudara dan memperkuat kemampuan tubuh dalam mengerjakan tugas rutin harian termasuk hubungan seksual.
  2. Tetap berfikiran positif. Jangan selalu menyalahkan diri sendiri atas kekurangan fisik. Tanamkan dalam diri bahwa anda juga mempunyai sensualitas seperti orang lain.
  3. Makanlah makanan yang bergizi. Hindari makanan yang dapat meningkatkan kadar kolesterol dan gula darah. Perbanyaklah konsumsi serat, sayuran, buah buahan, kacang kacangan, dan susu.
  4. Jika saudara gemuk. Segera turunkan berat badan walaupun sedikit guna merangsang hormon seks.
  5. Istirahatlah yang cukup. Sangat sulit untuk memperoleh keinginan bercinta bila salah satu dari pasangan merasa kelelahan.
Jangan buru-buru mengkonsumsi obat-obatan yang belum tentu mempunyai khasiat yang anda harapkan. Masalah seksual tidak bisa diselesaikan dengan minum obat, banyak faktor yang mempengaruhi dan ini bisa dari pihak laki laki atau perempuan. Masalah seksual bukan masalah sendiri tetapi masalah bersama (pasangan). Ada baiknya jika anda saling terbuka dengan pasangan anda dan tidak ada salahnya jika anda konsultasi dengan dokter anda.

Sumber: Dari berbagai sumber.

0 komentar:

Posting Komentar