3. Menyimak Eksploratif
Peningkatan serta kemajuan dalam menyimak eksploratif
atau menyimak penjelajahan ini dapat timbul kegiatan-kegiatan yang kita
jelaskan berikut ini :
A) Dalam
memperluasan dan mendalami makna kata, para siswa dapat menyimak pada kata-kata
tertentu yang telah didaftarkan di papan tulis sebelum menyimak suatu pilihan
bacaan.
B) Setelah
menyimak pada seperangkat petunjuk hanya sekali saja, para siswa akan
mengadakan suatu eksperimen sederhana yaitu suatu usaha dalam keahlian atau
konstruksi.
C) Setelah
menyimak, para siswa menulis petunjuk misalnya bagi penyelamatan diri di
pantai.
D) Atau
mereka menyimak informasi baru mengenai suatu topik yang sebagian telah
dipelajari.
Cara yang paling baik untuk
membantu para siswa menyimak informasi ialah melihat apakah mereka menyimak
dengan suatu pertanyaan atau masalah dalam hati. Guru dapat mengajukan berbagai
pertanyaan yang timbul dari diskusi kelas atau yang dikemukaan oleh seorang
siswa secara individual. Guru dapat memikirkan serta merencanakan berbagai
latihan khusus, misalnya :
1) Dia dapat
membuat suatu catatan atau arsip laporan brita dan menerbitkan ujaran-ujaran
yang berisi pertanyaan yang bertentangan, yang telah usang dan tidak terpakai
lagi dan meminta para siswa menyimak secara khusus terhadap kontradiksi dan
pertanyaan yang telah using atau menggelikan.
2) Guru
dapat menulis pertanyaan yang bertentangan itu
untuk simakan kelas seperti : “Ani pergi ke kebun memetik mawar yang
telah layu dan indah untuk ditaruh di dalam pot bunga yang telah pecah di kamar
tamu.”
3) Seluruh
kelas dapat menonton serta menyimak suatu film dengan suatu tujuan utama memikirkan
masalah-masalah yang dapat membimbing diskusi kelompok.
Suatu bentuk menyimak ysng relstif lebih maju bagi
informasi adalah penentuan ide pokouk dalam suatu pilihan yang baru didengar. Agar
memiliki bahan-bahan yang tersedia bagi pembuatan latihan-latihan. Kegiatan tunggal
dalam latihan menuntut para siswa :
a) Memilih
topic pusat yang sebenarnya
b) Dengan
cara yang sama memilih kalimat topic paragraftersebut.
c) Menuliskan,
dalam urutan wajar, suatu topic yang memaikan peranan penting
d) Menulis
suatu pertanyaan bagi masing-masing siswa
e) Memilih
topic inti
f) Memilih
kalimat yang baik untuk mengekspresikan tema
g) Menuliskan
tema tersebut secara bebas
h) Menulis
rangkuman
4. Menyimak Konsentratif
Dalam pembicaraan diatas pun sebenarnya kita tidak
menyinggung kegiatan menyimak konsentratif, bentuk lain dari menyimak
konsentratif yaitu menuntut para siswa untuk memperhatikan urutan ide-ide
sebagai berikut :
a) Permainan
sederhana yang mengikut sertakan anak-anak mengulngi apa-apa yang telah
dikatakan dalam pernyataan kumulatif para siswa terlibih dahulu
b) Tugas
kedua yang menerik adalah memantominkan suatu cerita yang telah disajikan
secara lisan
c) Suatu
tugas alternative
d) Alternatif
lain adalah membuat gambar sesuai dengan adegan cerita tersebut
Erat hubungan dengan menepatan ide-ide utaa serta
penentuan urutan adalah memperhatikan rencana organisasi pembicara. Disinilah siswa
harus pertama kali membaca dan menganalisis bberapa cara mengemukakan suatu
pembicaraan.
Mengiringi pengalaman penting dalam menganalisis kuliah
tertulis, para siswa hendanya menganalisis pula cuplikan rekaman singkat pidato
tertulis yang dibacakan secara lisan oleh guru. Hal-hal lain yang agak
berhubungan dengan pengalaman dalam memperhatikan ide-ide penting yang rencana
organisasi pembicara. Guru pun akan menemukan cara yang baik untuk menyusun
pilihan-pilihan yang menonjolkan detail ilustrasi yang tegas dengan membuat
kliping.
Anak-anak disodori norma untuk menyimak yang baik serta
terlibat dalam menyimak kritis sangat diperlukan dalam kehidupan modern.yang
penting dalam hal ini ialah bahwa
anak-anak dibimbing secara konstan
mengembangkan selera bermutu dalam memilih acara radio atau televise yang
begitu umum dirumah mereka salah satu
dari pelajaran-pelajaran penting yang harus dipetik oleh anak sekolah yang
masih muda itu ialah perbedaan antara fakta dan fantasi, antara kenyataan dan
khayalan, selanjutnya dapat dibedakan antara fakta dan opini serta kenyataan
dan pendapat.
0 komentar: